Propaganda Iran Tampilkan Gedung Capitol AS Diserang Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 09:38 WIB
National Guard stand their posts around the Capitol at sunrise in Washington, Monday, March 8, 2021. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Ilustrasi -- Gedung Capitol AS di Washington DC (dok. AP/Carolyn Kaster)
Teheran -

Garda Revolusi Iran (IRGC) dilaporkan merilis video propaganda terbaru yang menunjukkan Gedung Capitol Amerika Serikat (AS) diserang rudal dan meledak dengan hebatnya. Propaganda ini dirilis sebelum pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyampaikan pidatonya.

Seperti dirilis Arab News, Kamis (6/5/2021), video berdurasi 11 detik itu awalnya menampilkan tentara bersenjata Garda Revolusi Iran yang berbaris rapi dalam formasi, kemudian tampak sebuah rudal diluncurkan dari lokasi tak diketahui, yang diikuti oleh gambar Gedung Capitol AS meledak dalam kobaran api.

Video itu juga menunjukkan ulama-ulama Iran berjalan menuju Yerusalem.

Analis pada Tony Blair Institute, Kasra Aarabi, mengidentifikasi musik latar video itu sebagai lagu nasionalis Iran dengan lirik yang menggambarkan Gedung Capitol AS sebagai 'istana penindasan' yang 'dihancurkan oleh IRGC Alavi (Menteri Intelijen Iran-red), dan kabar baik pembebasan Quds (Yerusalem) datang dari Iran'.

Video propaganda ini dirilis via televisi nasional Iran sebelum Khamenei menyampaikan pidatonya pada Minggu (2/5) waktu setempat.

Laporan New York Post yang mengutip Washington Free Beacon menyebut Khamenei memuji Garda Revolusi Iran dalam pidatonya tersebut.

"Amerika telah bertahun-tahun merasa sedih atas pengaruh Republik Islam (Iran), dan mereka marah terhadap Jenderal Soleimani untuk alasan ini dan membunuhnya untuk alasan ini," ucap Khamenei dalam pidatonya.

Simak juga video 'Polisi soal Penyerangan Capitol: Tak Ada Kaitannya dengan Terorisme':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2