Menilik Alasan India Izinkan Festival Kumbh Mela Pemicu Lonjakan COVID

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 13:41 WIB
Kasus Corona di India melonjak, salah satu faktor yang dituding jadi penyebabnya adalah ritual mandi massal, Khumb Mela yang diikuti oleh ratusan ribu orang di Sungai Gangga. Seperti apakah ritual ini?
Kumbh Mela, Tradisi Mandi Suci yang Bikin Tsunami Corona di India (Foto: AP/Rajesh Kumar Singh)
New Delhi -

Festival Kumbh Mela atau festival Kendi menjadi salah satu pemicu melonjaknya kasus COVID India beberapa waktu belakangan. Diketahui Perdana Menteri Narendra Modi dan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa tetap memberikan izin kepada umat Hindu untuk melaksanaan salah satu ritual paling suci dalam agama Hindu tersebut.

Lantas apa alasannya?

Seperti dilansir The Associated Press, Selasa (2/5/2021), Modi dan Partai BJP memberikan izin untuk tetap menggelar festival lantaran tidak mau membuat marah umat Hindu, yang merupakan pendukung terbesar partai tersebut.

Hal senada pun disampaikan Kepala Menteri Negara Bagian Uttarakhand, Tirath Singh Rawat. "Iman kepada Tuhan akan mengatasi ketakutan akan virus." ujarnya.

Mengetahui hal itu, sejumlah pakar kesehatan setempat telah mengimbau agar festival itu dibatalkan. Mereka khawatir para pengunjung festival dapat terinfeksi dan kemudian membawa virus itu kembali ke kota dan desa mereka nantinya.

Namun pemerintah tetap memberikan izin untuk melaksanakan festival dengan alasan akan mematuhi protokol kesehatan yang diatur, di mana otoritas wilayah akan mempersingkat durasi festival dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, saat acara digelar, otoritas wilayah Haridwar mengatakan sangat sulit untuk menerapkan langkah-langkah social distancing. Disebutkan juga bahwa tes COVID-19 dilakukan bagi mereka yang memasuki area tersebut.

"Kami terus mengimbau orang-orang untuk mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Tapi karena kerumunan yang besar, hal itu praktis tidak memungkinkan," kata perwira polisi senior setempat, Sanjay Gunjyal.

Simak video 'Ritual Kumbh Mela di Sungai Gangga, India Catat Rekor Kasus Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2