Polisi Tembakkan Water Canon Bubarkan Massa Anti-lockdown di Belgia

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 01:32 WIB
Warga di Argentina Demo Ingin Lockdown Disudahi
Ilustrasi, demo anti-lockdown (Foto: apvideohub)
Brussel -

Ratusan warga Belgia berkumpul di taman Bois de la Cambre memprotes kebijakan lockdown. Polisi bergerak menembakan water canon serta gas air mata untuk membubarkan massa.

Dilansir AFP, massa anti-lockdown tersebut mayoritas remaja. Mereka menamai aksinya dengan sebutan 'Boum 2'. Aksi ini diorganisir secara online.

Perdana Menteri Belgia Alexander de Croo memerintahkan warganya untuk tidak ikut dalam protes anti-lockdown. Aparat kepolisian diterjunkan guna menghalau massa.

"Kami melihat bahwa langkah-langkah protokol kesehatan tidak dihormati," pernyataan polisi Brussel via Twitter. Dalam cuitannya itu, polisi Belgia sudah mengimbau warga untuk memakai masker dan jaga jarak melalui drone yang dilengkapi pengeras suara.

"Polisi Brussel akan melanjutkan untuk membersihkan (massa) daerah itu," pernyataan polisi Brussel. Wartawan AFP di lokasi unjuk rasa tidak mendengar perintah polisi agar massa bubar.

Saat polisi hendak menghalau massa, pendemo melawan. Pengunjuk rasa membakar tempat sampah umum.

"Kami di sini untuk melindungi kebebasan kami. Masker? Saya tidak memakainya lagi. Saya ingin bebas," ujar pria berusia 18 tahun dari Flanders Barat.

Mobil polisi dan kendaraan water canon mendekati massa. Pendemo berteriak keras 'Kebebasan! Kebebasan! Kebebasan!'

Helikopter dan drone polisi terlihat beterbangan di langit Brussel. Pengunjuk rasa menyetel musik kencang hingga imbauan polisi melalui pengeras suara tak terdengar.

"Sudah setahun (kebijakan lockdown)," kata seorang wanita berusia 21 tahun kepada AFP.

"Setahun penuh kita tidak bisa keluar (rumah). Setelah beberapa saat Anda membutuhkan alternatif." katanya.

Otoritas Belgia menerapkan lockdown ketat untuk kedua kalinya. Bar dan restoran ditutup sejak Oktober 2020.

Meski begitu, program vaksinasi Corona di Belgia sangat cepat. Sehingga warga Belgia akan diperbolehkan makan dan minum di luar rumah pada 8 Mei 2021.

(isa/isa)