Loh! Putra Mahkota Saudi Ungkap Keinginan Hubungan Baik dengan Iran

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 11:08 WIB
Sepak Terjang Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk Amankan Takhta
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (dok. DW News)
Riyadh -

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), melontarkan pernyataan bernada damai saat berbicara soal Iran, yang menjadi musuh bebuyutan Saudi. MBS mengakui dirinya menginginkan hubungan 'baik' dengan Iran.

Seperti dilansir AFP, Rabu (28/4/2021), pernyataan melunak ini disampaikan MBS setelah sejumlah sumber menyebut Saudi dan Iran menggelar pembicaraan rahasia di Baghdad, Irak.

Kedua negara yang terlibat persaingan sengit untuk dominasi regional ini, memutuskan hubungan satu sama lain pada tahun 2016 setelah demonstran Iran menyerang misi diplomatik Saudi menyusul eksekusi mati seorang ulama Syiah oleh otoritas Saudi.

Dalam wawancara terbaru yang ditayangkan pada Selasa (27/4) malam waktu setempat, MBS mencetuskan hubungan baik antara Saudi dan Iran.

"Iran merupakan negara tetangga, dan semua yang kami inginkan adalah hubungan yang baik dan spesial dengan Iran," ucap MBS dalam wawancara tersebut.

"Kami tidak ingin situasi Iran menjadi sulit. Sebaliknya, kami ingin Iran untuk bertumbuh... dan mendorong kawasan dan dunia menuju kemakmuran," imbuhnya.

MBS menambahkan bahwa Saudi tengah mengupayakan dengan mitra-mitra kawasan dan global untuk mencari solusi terhadap 'perilaku negatif' Iran.

Tonton juga Video: Iran Tuding AS Sengaja Dorong Arab Saudi di Perang Yaman

[Gambas:Video 20detik]