Putin dan Xi Jinping Sampaikan Duka Cita untuk KRI Nanggala-402

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 23:46 WIB
KRI Nanggala-402 (Foto: dok. Dispenal)
Foto: KRI Nanggala-402 (Foto: dok. Dispenal)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping menyampaikan duka citanya atas tenggelamnya KRI Nanggala-402. Mereka juga menyampaikan rasa dukanya terhadap 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur.

Ungkapan belasungkawa Putin itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Rusia di Indonesia, Selasa (27/4/2021). Kedubes Rusia mengatakan, Putin menyampaikan duka citanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sehubungan dengan tenggelamnya kapal selam angkatan laut Indonesia di Laut Bali," tulis Kedubes Rusia dalam akun Facebooknya.

Kedubes Rusia mengatakan, Putin juga meminta Jokowi untuk menyampaikan rasa simpati dan dukungannya terhadap keluarga prajurit TNI yang gugur dalam KRI Nanggala-402.

"Presiden Rusia meminta untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan sahabat para pelaut yang tewas serta masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Sementara, dilansir Antara, Presiden China Xi Jinping menyampaikan duka citanya atas tenggelamnya KRI Nanggala-402 melalui pesan singkat ke Jokowi.

Dalam pesan singkatnya kepada Presiden Jokowi, orang nomor satu di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu mengaku terkejut mengetahui kapal selam milik Angkatan Laut Indonesia tenggelam di dasar laut hingga menyebabkan gugurnya para awak yang bertugas.

Atas nama pemerintah dan rakyat China serta secara pribadi, Xi Jinping menyatakan duka cita yang sangat mendalam kepada para korban. Xi Jinping juga menyampaikan rasa simpati yang tulus kepada pihak keluarga yang sedang berduka.

(mae/aik)