Wanita Singapura Diadili Atas Tuduhan Aniaya PRT Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 17:07 WIB
Pentingnya Perlindungan Hukum Bagi Perempuan Pekerja Rumah Tangga (PRT) Indonesia
Ilustrasi (dok. DW)
Singapura -

Seorang wanita di Singapura akan diadili pada Rabu (28/4) waktu setempat atas tuduhan menganiaya pembantu rumah tangganya (PRT) yang berasal dari Indonesia. Wanita berusia 42 tahun ini dituduh beberapa kali menganiaya PRT Indonesia itu, sepanjang tahun lalu.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (27/4/2021), kasus ini berawal saat polisi menerima laporan pada 30 Oktober 2020 bahwa wanita yang tidak disebut namanya itu, telah menganiaya PRT yang bekerja untuknya, diidentifikasi sebagai seorang wanita Indonesia berusia 49 tahun.

Identitas si PRT tidak diungkap ke publik. Namun disebutkan bahwa dia sudah tidak bekerja pada wanita itu dan telah dipulangkan ke Indonesia.

"Karena pembantu rumah tangga itu sudah kembali ke Indonesia saat laporannya diterima, upaya-upaya dilakukan untuk memfasilitasi kembalinya dia ke Singapura untuk membantu penyelidikan," demikian pernyataan Kepolisian Singapura pada Selasa (27/4) waktu setempat.

Penyelidikan kepolisian menunjukkan wanita 42 tahun atau sang majikan diduga menganiaya korban dalam beberapa kesempatan antara Februari hingga Oktober 2020 lalu.

Tindakan penganiayaan itu termasuk menempelkan setrika yang panas ke lengan kanan korban berulang kali, kemudian menonjok dan memukul mata korban dengan kepalan tangannya dan benda-benda seperti gantungan baju.

Sang majikan akan didakwa serentetan dakwaan, mulai dari dua dakwaan secara sengaja memicu cedera pada orang lain, satu dakwaan secara sengaja memicu cedera dengan alat berbahaya, dan satu dakwaan secara sengaja memicu cedera parah.

Selanjutnya
Halaman
1 2