Tragis! 13 Pasien Corona Tewas dalam Kebakaran RS di India

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 11:29 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
New Delhi -

Sebuah rumah sakit (RS) di pinggiran Mumbai, India, dilanda kebakaran sebelum fajar pada Jumat (23/4) waktu setempat. Sedikitnya 13 pasien terinfeksi virus Corona (COVID-19) yang dirawat di RS itu meninggal dunia akibat kebakaran ini.

"Ada 17 pasien di dalam ketika kebakaran terjadi di ICU pada Rumah Sakit Vijay Vallabh, 13 pasien di antaranya meninggal dunia dan empat lainnya dipindahkan ke fasilitas lainnya," sebut pejabat dinas pemadam kebakaran setempat, Morrison Khavari, seperti dilansir AFP, Jumat (23/4/2021).

"Api sekarang telah dipadamkan," imbuhnya, sembari menyebut kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Penyebab kebakaran tersebut masih diselidiki otoritas setempat.

Laporan media lokal Press Trust of India, yang mengutip pejabat pemerintah setempat, Vivekanand Kadam, menyebut sebuah ledakan pada unit pendingin ruangan yang ada di dalam Unit Perawatan Intensif (ICU) sempat terjadi sebelum kebakaran.

Kebakaran yang terjadi di kota Vasai-Virar, Maharashtra, ini menjadi tragedi terbaru yang menyelimuti India yang tengah berjuang menghadapi gelombang baru Corona. Situasi memburuk dengan banyak RS melaporkan kekurangan tempat tidur, pasokan oksigen, dan obat-obatan.

Pada Kamis (22/4) waktu setempat, India mencetak rekor dunia sebagai negara dengan kasus harian Corona tertinggi, usai melaporkan nyaris 315.000 kasus dalam sehari.

Lihat juga Video: Derita Warga India di Tengah 'Tsunami' Corona

[Gambas:Video 20detik]