AS Imbau Warganya Tidak Pergi ke 116 Negara Termasuk Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 10:15 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/oonal)
Washington DC -

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menambahkan sedikitnya 116 negara pada pekan ini ke dalam daftar imbauan perjalanannya terkait virus Corona (COVID-19). Indonesia masuk dalam daftar tersebut bersama negara-negara lainnya seperti Inggris, Kanada, Prancis, Israel, Meksiko, dan Jerman.

Seperti dilansir Reuters dan Inquirer.net, Kamis (22/4/2021), negara-negara yang masuk ke dalam daftar imbauan perjalanan 'Level 4: Jangan Bepergian' ini merupakan negara yang dianggap memiliki 'level COVID-19 sangat tinggi'.

Penambahan 116 negara sekaligus ke dalam daftar larangan perjalanan itu diumumkan Departemen Luar Negeri AS pada Senin (19/4) waktu setempat. Disebutkan oleh Departemen Luar Negeri AS bahwa pihaknya menambah jumlah negara yang menerima level imbauan perjalanan tertinggi menjadi sekitar 80 persen dari seluruh negara di dunia.

Sebelum Selasa (20/4) waktu setempat, Departemen Luar Negeri AS menambahkan 34 negara ke dalam daftar imbauan perjalanan 'Level 4: Jangan Bepergian'. Sekarang, total ada sekitar 150 negara yang masuk dalam kategori 'Level 4: Jangan Bepergian' -- level tertinggi dalam imbauan perjalanan AS.

Lebih lanjut, Departemen Luar Negeri AS menyatakan langkah ini tidak menyiratkan penilaian ulang soal situasi kesehatan di beberapa negara, melainkan lebih kepada 'mencerminkan penyesuaian dalam sistem Imbauan Perjalanan Departemen Luar Negeri untuk lebih bergantung pada penilaian epidemiologis yang ada'.

Departemen Luar Negeri AS merujuk pada Travel Health Notice yang dirilis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC terkait pandemi Corona.

Dijelaskan juga bahwa imbauan perjalanan ini tidak bersifat wajib dan tidak melarang warga AS dari bepergian.

Tonton juga Video: Joe Biden Belum Percaya Diri Kirim Vaksin ke Luar Negeri

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2