Peringatan Keras Putin ke Barat: Jangan Lewati 'Garis Merah' Kami!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 08:28 WIB
Parlemen Rusia akan berikan kekebalan hukum bagi Putin di tengah tudingan berniat jadi presiden seumur hidup
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: BBC World)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat untuk tidak melewati "garis merah" dengan Rusia. Ditegaskannya, langkah seperti itu akan memicu tanggapan "asimetris, cepat dan keras".

Seperti dilansir BBC, Kamis (22/4/2021), peringatan itu disampaikan dalam pidato kenegaraan tahunannya, di tengah ketegangan yang meningkat dengan Barat terkait Ukraina dan kritikus Putin, Alexei Navalny yang dipenjara.

Putin mengatakan kekuatan Barat terus-menerus berusaha untuk "mengganggu" Rusia.

Putin memfokuskan sebagian besar pidatonya pada pertempuran Rusia melawan COVID-19 dan rencananya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi.

Namun, Putin menuduh Barat mengancam stabilitas di Rusia, Belarusia dan Ukraina.

"Penerapan sanksi yang tidak adil tumbuh menjadi sesuatu yang lebih berbahaya: upaya kudeta di Belarusia," katanya.

Putin mendukung Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, yang menghadapi oposisi besar sejak mengklaim terpilih kembali tahun lalu, dalam pemungutan suara yang secara luas dikecam sebagai kecurangan. Kedua presiden akan mengadakan pembicaraan di Moskow pada Kamis.

Sebelumnya pada 17 April, otoritas Belarusia mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan rencana yang didukung Amerika Serikat untuk membunuh Presiden Lukashenko. Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan telah menahan dua warga Belarusia yang diduga terlibat dalam plot tersebut.

Lihat juga Video: Panas! AS Jatuhkan Sanksi ke Rusia

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2