Biden Akan Tarik Tentara AS dari Afghanistan, Trump: Terlalu Lama!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 11:12 WIB
Donald Trump kini dijerat kasus pajak usai lolos dari pemakzulan, bagaimana perkembangan penyelidikannya?
Donald Trump (dok. BBC World)
Washington DC -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memuji penarikan tentara AS dari Afghanistan yang diumumkan Presiden Joe Biden pekan lalu. Namun Trump mengkritik kerangka waktu yang ditetapkan Biden, yang disebutnya terlalu lama.

Seperti dilansir CNN, Senin (19/4/2021), Trump mendorong Biden untuk menarik tentara AS dari Afghanistan -- yang merupakan perang terlama AS di luar negeri -- sebelum 11 September, kerangka waktu yang ditetapkan Biden pekan lalu.

Dalam komentarnya pada Minggu (18/4) waktu setempat, Trump menyebut bahwa menarik tentara AS dari Afghanistan merupakan 'hal yang sangat bagus dan positif untuk dilakukan'.

Namun dia juga menyinggung bahwa dirinya sebelumnya menetapkan 1 Mei sebagai batas waktu penarikan tentara AS di Afghanistan, sembari menambahkan bahwa: "Kita seharusnya mempertahankan yang paling dekat dengan jadwal itu."

"Saya harap Joe Biden tidak akan menjadikan 11 September sebagai tanggal penarikan tentara kita dari Afghanistan, untuk dua alasan," cetus Trump.

"Pertama, kita bisa dan seharusnya melakukan penarikan (tentara AS) lebih awal. 19 tahun sudah cukup, faktanya, terlalu banyak dan terlalu lama," ucapnya.

"11 September mewakili peristiwa sangat menyedihkan dan masa bagi negara kita dan seharusnya tetap menjadi hari refleksi dan momen mengenang untuk menghormati jiwa-jiwa hebat yang hilang," imbuh Trump.

Simak video 'Tarik Pasukan dari Afghanistan, Biden: Saatnya Akhiri Perang!':

[Gambas:Video 20detik]