Gempa M 5,9 Guncang Iran Selatan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 16:25 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa bumi (Foto: iStock)
Teheran -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,9 mengguncang provinsi Bushehr, Iran Selatan, tempat pembangkit listrik tenaga nuklir berada. Akibat gempa tersebut aliran listrik terputus.

Seperti dilansir dari Reuters, Minggu (18/4/2021), menurut laporan TV pemerintah, belum ada laporan mengenai jumlah korban atau kerusakan besar yang terjadi.

"Pusat gempa berada di kota Rig dan rumah sakit di kota-kota dan provinsi terdekat bersiaga, dengan tim penyelamat dan 50 ambulans dikirim ke daerah itu," kata seorang pejabat regional kepada TV pemerintah.

Dilaporkan kantor berita resmi Tasnim, layanan listrik, telepon rumah serta Internet di kota Gonaveh telah terputus. Sementara orang-orang masih berada di jalan karena takut gempa susulan.

Seorang pejabat pemerintah Iran mengatakan kepada Reuters, tidak ada laporan kerusakan di kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr, yang terletak di pantai Teluk Iran.

Menurut media Iran, gempa itu berpusat 100 km dari fasilitas nukli dan relatif dangkal - hanya sedalam 10 km. Media Iran melaporkan ada sembilan gempa susulan dan memposting gambar yang menunjukkan runtuhnya dinding bata di beberapa desa.

"Dua orang terluka di Gonaveh dan sedang dibawa ke rumah sakit," kata kepala Universitas Ilmu Kedokteran Bushehr, Saeed Kashmiri.

Iran menjadi salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Pada tahun 2003, gempa berkekuatan (M) 6,6 di provinsi Kerman menewaskan 31.000 orang dan meratakan kota kuno Bam.

Simak juga 'Saat Gempa 5,5 M Guncang Kabupaten Malang Jawa Timur':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/idn)