Ikuti Langkah AS, Polandia Juga Usir 3 Diplomat Rusia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 07:55 WIB
Russian Flag --- Image by  Royalty-Free/Corbis
ilustrasi bendera Rusia (Foto: Internet/Royalty-Free/Corbis)
Jakarta -

Pemerintah Polandia mengusir tiga diplomat Rusia atas apa yang disebut pemerintah sebagai "tindakan bermusuhan" oleh Moskow. Pengusiran ini dilakukan menyusul langkah serupa oleh Amerika Serikat,

Sebelumnya pada Kamis (15/4) waktu setempat, pemerintah AS mengumumkan sanksi dan pengusiran 10 diplomat Rusia sebagai pembalasan atas apa yang dikatakan Washington sebagai campur tangan Kremlin pada pemilu AS, serangan dunia maya besar-besaran, dan aktivitas bermusuhan lainnya.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (16/4/2021), pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Polandia kemudian menyampaikan telah menyatakan tiga anggota staf kedutaan Rusia sebagai persona non grata karena "pelanggaran status diplomatik dan melakukan kegiatan yang merugikan" Polandia.

Kementerian Luar Negeri Polandia menambahkan dalam pernyataan bahwa Warsawa "menyatakan solidaritas penuhnya dengan keputusan yang diambil oleh Amerika Serikat ... mengenai kebijakannya terhadap Rusia."

"Keputusan yang dibuat bersama dan disepakati (oleh) sekutu merupakan tanggapan yang paling tepat untuk tindakan bermusuhan oleh Federasi Rusia," imbuh kementerian itu.

Langkah Polandia ini adalah unjuk dukungan terbaru bagi AS, setelah pemerintah Inggris memanggil Duta Besar Rusia di Inggris untuk mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam pada apa yang disebutnya "pola aktivitas jahat" Moskow.

Aliansi militer NATO juga menyatakan dukungannya untuk AS menyusul "pengumuman tindakan untuk menanggapi aktivitas destabilisasi Rusia".

Lihat juga Video: Panas! AS Jatuhkan Sanksi ke Rusia

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2