Portugal Berencana Buka Kembali Bioskop-Kampus Senin Depan

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 05:30 WIB
Virus corona: Bagaimana negara-negara Eropa mempersiapkan Natal dan Tahun Baru
ilustrasi Portugal (Foto: BBC World)
Lisboa -

Otoritas Portugal berencana membuka kembali beberapa tempat umum yang sempat tutup karena pandemi Corona. Restoran, pusat perbelanjaan, bioskop, hingga kampus akan dibuka kembali.

"Sebagian besar negara akan pindah Senin (19/4) ke tahap pembukaan kembali berikutnya," kata Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa dilansir dari Reuters, Jumat (16/4/2021).

Pembukaan bioskop hingga kampus ini menjadi tahapan ketiga pelonggaran lockdown di Portugal. Pasalnya, 2 bulan terakhir, Portugal memberlakukan lockdown ketat menyusul gelombang ketiga virus Corona.

Tahapan awal pelonggaran lockdown sudah dimulai Portugal pada satu bulan yang lalu ketika membuka sekolah dasar. Diikuti pembukaan sekolah menengah dan kafe.

Kontrol di negara perbatasan, Spanyol, akan diperketat pemerintah Portugal. Pelancong yang masuk ke wilayah Portugal tetap akan dikenai syarat surat keterangan negatif tes Corona.

Semenjak lockdown diterapkan, jumlah kasus harian di Portugal terbilang stabil dengan 500 kasus Corona per hari. Hal ini berbanding jauh saat akhr Januari lalu yang mencapai 13.000 kasus per hari.

Meski begitu, 11 dari 300 kota di Portugal belum berencana membuka tempat-tempat umum. Pasalnya, kasus Corona masih terbilang tinggi. Dari 11 kota tersebut, 7 di antaranya tetap menerapkan lockdown ketat.

(isa/isa)