Rusia Peringatkan Kapal Perang AS di Laut Hitam Agar Jauhi Crimea

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 17:47 WIB
FILE PHOTO: Russian and U.S. state flags fly near a factory of Ford Sollers, a joint venture of U.S. carmaker Ford with Russian partners, in Vsevolozhsk, Leningrad Region, Russia March 27, 2019. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Moskow -

Rusia melontarkan peringatan kepada Amerika Serikat (AS) agar memastikan kapal-kapal perangnya menjaga jarak dengan Crimea. Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina tahun 2014, dalam langkah yang dikecam komunitas internasional.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (13/4/2021), AS tengah mengerahkan dua kapal perangnya ke Laut Hitam yang berbatasan langsung dengan Crimea, setelah mengkhawatirkan langkah Rusia meningkatkan personel militer di perbatasan Ukraina beberapa waktu terakhir.

Otoritas Rusia menyebut pengerahan kapal perang AS ke Laut Hitam itu sebagai provokasi yang dirancang untuk menguji kesabaran pihaknya.

Dua kapal perang AS itu diperkirakan akan tiba di Laut Hitam pada pekan ini, saat ketegangan meningkat di Ukraina bagian timur di mana pasukan pemerintah bertempur melawan separatis pro-Rusia.

Menanggapi kekhawatiran AS dan negara-negara Barat soal pengerahan militer di perbatasan Ukraina, Rusia menegaskan pihaknya bebas menggerakkan tentaranya ke mana saja yang dianggap tepat, termasuk untuk tujuan pertahanan.

Dalam pernyataan terbaru dilansir kantor berita Rusia, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, memperingatkan agar kapal-kapal perang AS di Laut Hitam untuk menjaga jarak. Ryabkov menyebut risiko terjadinya insiden sangat tinggi di kawasan tersebut.

"Sama sekali tidak ada yang bisa dilakukan kapal-kapal Amerika di dekat pantai kami, ini murni tindakan provokatif. Provokatif dalam arti kata langsung: mereka menguji kekuatan kita, mempermainkan kesabaran kita. Mereka tidak akan berhasil," tegas Ryabkov.

Selanjutnya
Halaman
1 2