International Updates

'Kota Emas' Ditemukan di Mesir, India Catat 145 Ribu Kasus Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 19:05 WIB
A handout picture released by the Egyptian Ministry of Antiquities on April 8, 2021, shows the remains of a 3,000 year old city, dubbed The Rise of Aten, dating to the reign of Amenhotep III, uncovered by the Egyptian mission near Luxor. © AFP Photo/Handout/Egyptian Ministry of Antiquities
Temuan kota kuno yang dijuluki 'kota emas yang hilang' yang ditemukan di Mesir (AFP Photo/Handout/Egyptian Ministry of Antiquities)
Jakarta -

Sebuah kota kuno yang dijuluki 'kota emas' ditemukan di gurun Mesir oleh para arkeolog. India kembali mencetak rekor dengan melaporkan lebih dari 145 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya.

Temuan kota kuno yang disebut sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan di Mesir itu diperkirakan berasal dari era kejayaan Firaun sekitar 3.000 tahun lalu.

Sementara itu, lebih dari 145 ribu kasus Corona yang tercatat dalam sehari di India melampaui rekor kasus harian tertinggi sebelumnya, yang tercatat pada Jumat (9/4) waktu setempat, dengan 131.968 kasus Corona terdeteksi dalam sehari.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (10/4/2021):

- Tembakan Meriam 41 Kali-Hening Cipta di Inggris Demi Hormati Pangeran Philip

Tembakan militer akan dilepaskan di berbagai wilayah Inggris dan semuanya akan mengheningkan cipta pada Sabtu (10/4) waktu setempat, sebagai bagian dari penghormatan terakhir untuk mendiang Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (10/4/2021), Pangeran Philip yang menjadi pendamping Ratu terlama dalam sejarah Inggris dan setia mendampingi Ratu Elizabeth II selama tujuh dekade, meninggal dunia dalam usia 99 tahun di Windsor Castle pada Jumat (9/4) waktu setempat.

Pada Sabtu (10/4) waktu setempat, untuk memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip, tembakan meriam kehormatan (gun salute) sebanyak 41 kali -- satu tembakan dalam satu menit selama 40 menit -- akan dilakukan mulai pukul 12.00 waktu setempat.

Tembakan meriam kehormatan atau gun salute telah menjadi wujud menandai peristiwa nasional penting di Inggris sejak abad ke-18.

- 2 Kapal Perang AS Dikerahkan ke Laut Hitam, Rusia Prihatin

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan dua kapal perangnya ke Laut Hitam, pekan depan. Pengerahan ini dilakukan saat Rusia tengah semakin menambah kekuatan militernya di perbatasan Ukraina bagian timur.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (10/4/2021), hal itu diungkapkan oleh otoritas Turki yang mengaku telah diberitahu oleh AS soal rencana pengiriman dua kapal perang itu. Disebutkan otoritas Turki bahwa dua kapal perang AS akan berlayar melintasi Selat Turki untuk dikerahkan ke Laut Hitam pada 14-15 April mendatang.

"Sebuah pemberitahuan dikirimkan kepada kami sekitar 15 hari lalu via saluran diplomatik bahwa dua kapal perang AS akan berlayar ke Laut Hitam sesuai dengan Konvensi Montreux. Kapal-kapal itu akan tetap berada di Laut Hitam hingga 4 Mei," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki pada Jumat (9/4).

Selanjutnya
Halaman
1 2