Tak Ada Seremoni Kenegaraan untuk Pemakaman Pangeran Philip di Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 18:50 WIB
Pangeran Philip: Suami Ratu Elizabeth II terlibat kecelakaan lalu lintas, mobilnya terguling
Pangeran Philip (dok. BBC Magazine)
London -

Rencana pemakaman Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II, belum diumumkan secara resmi oleh Istana Buckingham. Namun sesuai permintaan mendiang Duke of Edinburgh, nantinya tidak akan ada seremoni kenegaraan untuk pemakamannya.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (10/4/2021), jenazah Pangeran Philip juga tidak akan disemayamkan secara nasional agar bisa dilayat secara langsung oleh warga Inggris sebelum dimakamkan.

Waktu pemakaman Pangeran Philip belum diumumkan secara resmi. Namun menurut College of Arms, Pangeran Philip akan dimakamkan di St George's Chapel yang ada di Kastil Windsor.

College of Arms merupakan korporasi kerajaan yang beranggotakan para officer of arms, atau para pejabat yang ditunjuk kerajaan untuk menjalankan berbagai fungsi termasuk menggelar seremoni kenegaraan dan acara penting kerajaan.

Dituturkan College of Arms dalam pernyataan pada Jumat (9/4) waktu setempat bahwa pengaturan pemakaman Pangeran Philip disesuaikan untuk mematuhi aturan pembatasan pandemi virus Corona (COVID-19) yang diberlakukan pemerintah Inggris.

"Pemakamannya tidak akan menjadi Pemakaman Kenegaraan dan tidak akan didahului oleh Persemayaman Kenegaraan. Jenazah Yang Mulia akan disemayamkan di Kastil Windsor sebelum dimakamkan di St George's Chapel. Ini sejalan dengan tradisi dan keinginan Yang Mulia," demikian pernyataan College of Arms.

"Pengaturan pemakaman direvisi dengan melihat situasi terkini yang dipicu pandemi COVID-19 dan sangat disayangkan bahwa telah diminta agar anggota masyarakat tidak berupaya untuk menghadiri atau berpartisipasi dalam setiap acara terkait pemakaman," imbuh pernyataan itu.

Simak Video: Pangeran Harry Dikabarkan Berusaha Hadiri Pemakaman Pangeran Philip

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2