Trump Kenang Pangeran Philip: Sosok Tak Tergantikan yang Berjiwa Mulia

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 02:29 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Foto: Donald Trump (AP Photo)
Washington D.C -

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia di usia ke 99 tahun. Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengenang Pangeran Philip sebagai sosok yang tak berjiwa mulia.

"Dunia berduka atas meninggalnya Pangeran Philip, seorang pria yang mewujudkan jiwa luhur dan semangat kebanggaan Inggris dan Persemakmuran," kata Donald Trump, seperti dilansir AFP, Sabtu (10/4/2021).

Trump menyebut Inggris kehilangan sosok yang tak tergantikan. Tak hanya itu, dia menyebut ini kehilangan bagi seluruh dunia.

"Ini adalah kehilangan yang tak tergantikan bagi Inggris Raya, dan bagi semua orang yang memegang teguh peradaban kita," ucapnya.

Trump menyebut Pangeran Philip sebagai sosok yang bermartabat. Dia juga menunjukan contoh ketenangan, ketabahan, hingga integritas Kerajaan Inggris.

"Pangeran Philip mendefinisikan martabat dan keanggunan Inggris. Dia mempersonifikasikan ketenangan yang tenang, ketabahan yang teguh, dan integritas Kerajaan Inggris yang tak tergoyahkan," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip sebagai pelayan yang tidak mementingkan diri sendiri bagi Inggris dan rakyatnya. Dia mengenang sosok Pangeran Philip sebagai sosok yang mengabdikan diri bagi rakyat.

"Dari pengabdiannya selama Perang Dunia II, hingga 73 tahun bersama Ratu, dan seluruh hidupnya di mata publik - Pangeran Philip dengan senang hati mengabdikan dirinya untuk rakyat Inggris, Persemakmuran, dan keluarganya," kata Biden dalam sebuah pernyataan," ungkap Joe Biden.

Seperti diketahui, kabar meninggalnya Pangeran Philip disampaikan langsung oleh istrinya, Ratu Elizabeth II. Pangeran Philip disebut meninggal di usianya yang ke 99 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," kata pihak Istana Buckingham.

(maa/maa)