Israel Tolak Penyelidikan ICC Soal Kejahatan Perang di Palestina

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:23 WIB
Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu attends a hearing evidence stage for his trial over alleged corruption crimes, at the Jerusalem district court, in Salah El-Din, East Jerusalem, Monday, April 5, 2021. Netanyahu was back in court for his corruption trial on Monday as the countrys political parties were set to weigh in on whether he should form the next government after a closely divided election or step down to focus on his legal woes. (Abir Sultan/Pool Photo via AP)
Tanggapan resmi dari kantor PM Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan ICC tidak memiliki wewenang menyelidiki Israel (dok. Abir Sultan/Pool Photo via AP)
Tel Aviv -

Pemerintah Israel menolak penyelidikan yang dilakukan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) terhadap dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina. Israel menegaskan bahwa jaksa ICC tidak memiliki wewenang untuk melakukan penyelidikan terhadap pihaknya.

Seperti dilansir The Times of Israel dan DW, Jumat (9/4/2021), kantor Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, akan mengirimkan surat tanggapan resmi kepada ICC atas keputusannya menyelidiki dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina, pada Jumat (9/4) waktu setempat.

Pernyataan kantor PM Netanyahu mengungkapkan bahwa dalam tanggapan resmi itu, otoritas Israel menolak dan menyatakan tidak akan bekerja sama dengan penyelidikan ICC.

Menurut kantor PM Netanyahu, tanggapan resmi itu akan menyatakan ICC yang berbasis di Den Haag 'tidak memiliki untuk melakukan penyelidikan' terhadap Israel. Pernyataan itu juga akan menekankan bahwa negara Yahudi itu 'berkomitmen pada penegakan hukum' dan mampu melakukan penyelidikan sendiri.

"Israel berkomitmen pada penegakan hukum dan akan terus menyelidiki setiap tuduhan yang menjeratnya terlepas dari manapun sumbernya, dan mengharapkan mahkamah menahan diri untuk melanggar wewenang dan kedaulatannya," demikian sebut pernyataan kantor PM Netanyahu.

"Dalam surat itu, juga akan ditekankan bahwa Israel sepenuhnya menolak klaim yang menyatakan pihaknya melakukan kejahatan perang," imbuh pernyataan tersebut.

Ditambahkan juga oleh kantor PM Netanyahu bahwa sikap Israel telah diberitahukan kepada ICC oleh 'negara-negara dan para pakar ternama dunia'.

Lihat juga Video: Pria Palestina Ditembak Mati Tentara Israel

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2