Militer Myanmar Duduki Kedutaan di London, Demonstran Berdatangan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 10:11 WIB
Dubes Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn, tak bisa masuk ke kantornya di London. (Niklas Halle’n/AFP/Getty Images)
Foto: Dubes Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn, tak bisa masuk ke kantornya di London. (Niklas Halle'n/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Para demonstran berkumpul di luar gedung Kedutaan Besar Myanmar di London, Inggris pada hari Rabu (7/4) waktu setempat, menyusul laporan bahwa duta besar telah dikunci dan dilarang memasuki gedung.

Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn mengatakan kepada Daily Telegraph bahwa tokoh militer Myanmar telah mengambil alih misi diplomatik tersebut.

"Ketika saya meninggalkan kedutaan, mereka menyerbu ke dalam kedutaan dan merebutnya. Mereka dari militer Myanmar," katanya.

"Mereka bilang mereka mendapat instruksi dari ibu kota, jadi mereka tidak akan mengizinkan saya masuk," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (8/4/2021).

"Mereka tidak dapat melakukan ini. Pemerintah Inggris tidak akan mengizinkan ini, Anda akan lihat itu," cetusnya.

Junta militer Myanmar memanggil dubes tersebut bulan lalu setelah dia mengeluarkan pernyataan yang mendesak junta untuk membebaskan Suu Kyi dan Presiden Win Myint.

Kantor Luar Negeri Inggris belum mengeluarkan pernyataan mengenai insiden ini.

Polisi Metropolitan London mengatakan bahwa mereka "mengetahui adanya protes" di luar gedung kedutaan di kawasan Mayfair, London, dan bahwa petugas ketertiban umum juga hadir.

Simak Video: Militer Ambil Alih Kantor Kedutaan Myanmar di Inggris

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2