Sosok di Balik Keberhasilan Tangani Corona Dilantik Jadi Presiden Vietnam

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 15:30 WIB
This picture taken and released by the Vietnam News Agency on April 5, 2021 shows former prime minister and Vietnams newly elected President Nguyen Xuan Phuc (C) taking oath during the National Assemblys spring session in Hanoi. (Photo by STR / Vietnam News Agency / AFP)
Nguyen Xuan Phuc (STR/Vietnam News Agency/AFP)
Hanoi -

Sosok yang ada di balik kesuksesan Vietnam mengatasi pandemi virus Corona (COVID-19), Nguyen Xuan Phuc, secara resmi dilantik menjadi Presiden Vietnam. Pelantikan Phuc digelar di Hanoi pada Senin (5/4) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/4/2021), Phuc (66) sebelumnya menjabat Perdana Menteri (PM) Vietnam selama lima tahun terakhir, periode di mana perekonomian Vietnam berkembang pesat. Respons pemerintahan Phuc terhadap pandemi Corona menuai pujian baik di dalam maupun di luar negeri.

Usai digelarnya voting rahasia pada Senin (5/4) waktu setempat, Phuc meraup perolehan suara maksimum dari hampir 500 anggota majelis nasional Vietnam

"Ini adalah penghargaan yang pantas diterimanya," sebut pakar politik Vietnam dari Universitas Victoria di Wellington, Selandia Baru, Nguyen Khac Giang.

Vietnam yang otoriter dijalankan oleh Partai Komunis dan secara resmi dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai, Presiden dan Perdana Menteri, dengan keputusan penting diambil oleh 18 anggota politbiro.

Vietnam ada di tengah transisi kepemimpinan dua kali dalam satu dekade, dengan Nguyen Phu Trong (76) yang terpilih kembali pada Januari lalu sebagai Sekjen Partai -- jabatan paling penting dari tiga jabatan tinggi di atas.

Phuc menjadi satu-satunya kandidat yang dicalonkan menjadi Presiden Vietnam, karena Trong -- yang menjabat sejak 2018 -- mengundurkan diri.

Simak juga 'KKP Tenggelamkan 4 Kapal Vietnam':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2