16 Orang Ditangkap Bersama Mantan Putra Mahkota Yordania, AS Memantau

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 13:59 WIB
Jordanian Prince Hamzah bin al-Hussein, president of the Royal Aero Sports Club of Jordan, carries a parachute during a media event to announce the launch of
Mantan Putra Mahkota Yordania, Pangeran Hamzah bin Hussein (dok. KHALIL MAZRAAWI/AFP)

Menanggapi situasi terkini di Yordania, AS, sekutu-sekutu Teluk dan Liga Arab menyampaikan dukungan untuk pemerintahan Raja Abdullah II, yang pro-Barat dan dipandang menjadi jangkar stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataannya mengungkapkan otoritas AS 'memantau secara saksama' peristiwa di Yordania, sembari menekankan bahwa Raja Abdullah II 'mendapat dukungan penuh dari kami'.

Dukungan juga datang dari Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, yang menghubungi Raja Abdullah II untuk menegaskan 'solidaritas penuh' dari Mesir untuk Yordania. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman juga menelepon Raja Abdullah II untuk menyatakan dukungan mereka.

Tak ketinggalan, Israel juga turut menyampaikan dukungan untuk Yordania. "Yordania merupakan tetangga dan sekutu strategis dengan siapa kami memiliki hubungan damai. Kami perlu melakukan apapun yang dibutuhkan untuk menjaga aliansi itu," sebut Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz.

Sebelumnya, seperti dilansir BBC, Pangeran Hamzah merilis dua video ke BBC, yang mengklaim bahwa dia ditempatkan dalam tahanan rumah. Dia membantah telah melakukan konspirasi, tetapi menuduh para pemimpin Yordania tidak mampu menjalankan pemerintahan dan melakukan korupsi.

Dalam videonya, Pangeran Hamzah berkata dia dilarang keluar rumah atau berkomunikasi dengan orang lain. Langkah ini diambil pemerintah menyusul kunjungan sang pangeran ke sejumlah pemimpin suku, yang dikatakan telah memberikan dukungan.

Ibunya, Ratu Nur yang lahir di AS, berkata dia mendoakan anaknya yang dia sebut sebagai korban tak bersalah dari 'fitnah jahat'.


(nvc/ita)