Kapal Raksasa Nyangkut Berhasil Mengapung, Terusan Suez Kembali Dibuka

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 00:54 WIB
Insiden kapal kontainer raksasa yang terjebak di jalur perairan strategis Terusan Suez diperkirakan akan berlangsung selama berminggu-minggu ke depan.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Terusan Suez telah kembali dibuka. Setelah kapal kontainer raksasa yang tersangkut di Terusan Suez dilaporkan telah berhasil mengapung kembali.

Dilansir AFP, Selasa (30/3/2021) Terusan Suez kembali dibuka sejak Senin (29/3). Terusan Suez sendiri diketahui sempat ditutup selama satu minggu.

"Mengumumkan dimulainya kembali lalu lintas pengiriman di Terusan Suez," kata Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA), Laksamana Osama Rabie.

SCA memperingatkan, akan memakan waktu lebih dari tiga hari untuk mengatasi kemacetan lalu lintas kapal yang terjebak di ujung Utara dan Selatan kanal. Beberapa jam sebelum kapal dibongkar, tailback sudah mencapai 425 kapal.

Diketahui kapal kontainer raksasa dengan panjang 400 meter dan lebar 59 meter ini berbendera Panama, dikelola Taiwan dan dimiliki perusahaan Jepang, Shoei Kisen KK. Kapal ini kandas dan terjebak di seluruh bentangan kanal satu jalur ini, tepatnya di lokasi berjarak sekitar 6 kilometer sebelah utara pintu masuk bagian selatan, dekat kota Suez, Mesir.

Pada Sabtu (27/3), upaya evakuasi berhasil membuat kemajuan kecil dalam menarik kapal yang tersangkut. Salah satu sumber mengatakan telah terjadi beberapa gerakan di haluan kapal.

Pada hari Senin (29/03) pada video yang diunggah media sosial tampak memperlihatkan buritan kapal Ever Given bergeser ke arah tepian kanal, membuka ruang di saluran tersebut. Perusahaan jasa maritim Inchcape juga melaporkan kapal itu telah berhasil kembali mengapung.

(dwia/dwia)