Pemimpin Oposisi Venezuela Positif COVID-19

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 13:38 WIB
Juan Guaido, pimpinan oposisi Venezuela
Juan Guaido, pimpinan oposisi Venezuela (Foto: AP Photo/Andrea Hernandez BriceƱo)
Jakarta -

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengatakan pada Sabtu (27/3) bahwa dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) dan memiliki gejala ringan.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (28/3/2021) Guaido mengatakan di akun Twitternya bahwa dia diisolasi dan menyatakan keprihatinan tentang jumlah infeksi di negara itu.

"Saya ingin mengungkapkan solidaritas saya dengan ribuan rakyat Venezuela yang menderita selama pandemi," tulis Guaido di Twitter. "Hari ini kita semua memiliki kerabat atau kenalan yang terkena COVID-19."

Belasan negara telah mendukung Guaido sebagai presiden sementara Venezuela setelah terpilihnya kembali Maduro pada tahun 2018 dalam pemungutan suara yang oleh pemerintah Barat disebut sebagai sebuah kepalsuan.

Pemimpin oposisi itu menambahkan bahwa dia mendesak kedatangan vaksin COVID-19 ke Venezuela.

Venezuela telah menerima 700.000 dosis, di mana 500.000 disumbangkan oleh Sinopharm China dan sisanya dari Sputnik V.

Para pemimpin oposisi Rusia secara terpisah bernegosiasi untuk membeli vaksin melalui program COVAX menggunakan dana yang dibekukan di Amerika Serikat.

Per Sabtu (27/3), Venezuela mencatat 155.663 kasus virus corona dan 1.555 kematian, meskipun kritikus oposisi mengatakan angka sebenarnya kemungkinan lebih tinggi karena pengujian yang masih terbatas.

(izt/dhn)