Kapal Raksasa yang Sempat Blokir Terusan Suez Sudah Mulai Bergerak

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 09:47 WIB
Insiden kapal kontainer raksasa yang terjebak di jalur perairan strategis Terusan Suez diperkirakan akan berlangsung selama berminggu-minggu ke depan.
Kondisi kandasnya kapal Ever Given di Terusan Suez (Foto: AP Photo)

Empat belas kapal tunda sejauh ini telah terlibat dalam upaya untuk mengapung kembali Ever Given, meskipun Boskalis dan Smit Salvage telah memperingatkan bahwa menggunakan terlalu banyak tenaga untuk menarik kapal dapat merusak badan kapal.

Sementara itu, Berdowski mengatakan crane darat dapat membantu meringankan beban Ever Given dengan memindahkan kontainer. Meski begitu, para ahli memperingatkan bahwa proses seperti itu bisa lebih rumit dan lama.

"Jika kami tidak berhasil melepaskannya minggu depan, kami harus mengeluarkan sekitar 600 kontainer dari haluan untuk mengurangi beratnya," katanya.

"Upaya evakuasi kapal dimulai kembali pada Sabtu sore waktu setempat dan upaya lebih lanjut direncanakan dilakukan pada hari Minggu," kata sumber-sumber SCA, meskipun mereka menambahkan lebih banyak pasir yang mungkin perlu dikeluarkan dari sekitar kapal untuk membebaskannya.

Akibat kejadian ini, tarif pengiriman untuk kapal tanker pembawa minyak naik hampir dua kali lipat. Jika terus berlanjut, pengirim Kargo dapat mengubah rute kargo mereka ke sekitar Tanjung Harapan, menambahkan waktu perjalanan sekitar dua minggu dan biaya bahan bakar.

Saat ini sekitar 321 kapal sedang menunggu untuk masuk Terusan Suez, termasuk puluhan kapal kontainer, kapal curah dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas petroleum cair (LPG).


(izt/dhn)