Paus Fransiskus Tunjuk Pria Gay Korban Pastor Jadi Anggota Komisi Vatikan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 17:48 WIB
FILE - In this Nov. 22, 2020, file photo, Pope Francis incenses the altar as he celebrates Mass on the occasion of the Christ the King festivity, in St. Peters Basilica at the Vatican. China criticized Pope Francis on Tuesday over a passage in his new book in which he mentions suffering by China’s Uighur Muslim minority group. (Vincenzo Pinto/Pool Photo via AP, File)
Paus Fransiskus (Foto: Vincenzo Pinto/Pool Photo via AP, File)
Vatican City -

Paus Fransiskus menunjuk seorang pria gay Chile yang merupakan korban pelecehan seksual pastor menjadi anggota komisi Vatikan. Komisi ini fokus pada pendidikan untuk mencegah tindak pelecehan di dalam gereja.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (26/3/2021), Juan Carlos Cruz yang seorang advokat internasional untuk korban pelecehan seksual, menjadi korban pelecehan seksual pastor di Chile, negara asalnya, saat dia masih remaja. Cruz merupakan korban dari pastor Fernando Karadima yang dikenal sebagai pedofil.

"Saya sangat berterima kasih kepada Paus Fransiskus karena mempercayai saya dengan pengangkatan ini," tulis Cruz via akun Twitternya.

"Ini memperbarui komitmen saya untuk terus bekerja demi mengakhiri momok pelecehan dan untuk begitu banyak korban selamat yang masih belum mendapatkan keadilan," imbuhnya.

Dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Chile tahun 2018, Cruz mengkritik Paus karena membela seorang uskup yang dituduh oleh Cruz dan para korban lainnya telah menyaksikan Karadima melecehkan mereka dan menutup-nutupinya.

Beberapa hari setelah kembali ke Vatikan, Paus Fransiskus yang mengutip informasi baru memerintahkan dilakukannya penyelidikan terhadap Gereja Katolik Chile.

Penyelidikan itu menghasilkan laporan setebal 2.300 halaman yang menuduh para uskup di Chile melakukan 'kelalaian besar' dalam menyelidiki tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa bukti kejahatan seksual telah dihancurkan.

Simak juga video 'Demi Perdamaian Myanmar, Paus Fransiskus Rela Berlutut di Jalanan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2