Muazin Yaman Dibunuh Tetangga yang Kesal dengan Suara Azan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:50 WIB
Grand Mosque menjadi masjid ikonik di Paris. Kini muncul perdebatan terkait rencana membangun sebuah masjid di wilayah Strasbourg dengan dana publik.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/Abdulmonam Eassa)
Taiz -

Seorang muazin asal Yaman tewas ditikam oleh seorang pemuda yang merupakan tetangganya di Provinsi Taiz, Yaman. Dilaporkan media lokal, pemuda tersebut merasa kesal dengan azan yang dikumandangkan muazin itu lantaran dianggap mengganggu tidurnya.

Seperti dilansir Gulf News dan The New Arab, Kamis (25/3/2021) tersangka pembunuh yang diidentifikasi sebagai Mohammed Al-Zaidi, tinggal tak jauh dari masjid Al-Rahma, masjid tempat muazin itu mengumandangkan azan.

Diketahui Zaidi berulang kali menikam Syekh Mayhub Shamsan (80) dengan belati. Kejadian itu dilakukan ketika muazin itu sedang berjalan ke masjid untuk mengumandangkan azan salat subuh.

Setelah menikamnya, pelaku kemudian menghantam kepala muazin yang juga menjadi imam masjid itu dengan batu besar.

Otoritas keamanan Yaman mengatakan bahwa Zaidi mengurung diri di rumahnya usai pembunuhan keji itu. Dia bahkan sempat menolak menyerahkan diri kepada polisi.

"Pasukan keamanan menyerbu rumah pelaku setelah mengetahui bahwa tersangka sendirian di dalam rumah," kata seorang petugas polisi setempat, Kapten Mokhtar Al Youssefi.

Saat hendak ditangkap, Zaidi sempat berusaha menghentikan polisi dengan menyerang memakai golok. Karena melakukan perlawanan, polisi pun menembak kaki pelaku.

Pelaku telah ditangkap dan dibawa ke rumah sakit setempat untuk menjalani pengobatan atas luka tembaknya.

Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa pembunuhan seorang muazin karena melakukan azan dengan suara keras belum pernah terjadi di Yaman sebelumnya. Namun, diketahui media sosial sedang diramaikan dengan kampanye untuk melawan gangguan azan, terutama pada dini hari.

Lihat juga Video: Kasus Azan Jihad Terkuak, Pengumandang Ternyata Tersangka Penipuan

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)