Mesir Berjuang Bebaskan Kapal Raksasa yang Nyangkut di Terusan Suez

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 16:15 WIB
Kairo -

Otoritas Mesir mengerahkan sejumlah kapal tunda atau tugboat untuk membebaskan sebuah kapal kontainer raksasa yang tersangkut di perairan Terusan Suez. Situasi ini memicu gangguan pada salah satu rute perdagangan maritim tersibuk di dunia selama berhari-hari.

Seperti dilansir AFP, Kamis (25/3/2021), Otoritas Terusan Suez (SCA) menyatakan pihaknya tengah berupaya mengapungkan kembali kapal MV Ever Given, yang berbendera Panama dan dikelola Taiwan.

Kapal raksasa sepanjang 400 meter ini menyimpang keluar jalur dan kandas saat terjadi badai pasir pada Selasa (23/3) waktu setempat. Citra satelit yang dirilis Planet Labs Inc menunjukkan kapal kontainer dengan lebar 59 meter itu terjebak secara diagonal dan membentang di seluruh lebar kanal.

"Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," ujar Ranjith Raja selaku peneliti perminyakan dan perkapalan Timur Tengah pada perusahaan data keuangan internasional, Refinitiv.

"Kemungkinan kemacetan akan memakan waktu beberapa hari atau beberapa pekan untuk diselesaikan karena akan berdampak pada konvoi lainnya," imbuhnya.

Insiden ini berdampak pada pasar minyak dunia, dengan harga minyak mentah melonjak 6 persen pada Rabu (24/3) waktu setempat saat para pedagang menilai kemungkinan dampaknya pada pengiriman.

Perantara perdagangan Braemar memperingatkan bahwa jika tugboat tidak mampu memindahkan kapal raksasa itu, maka beberapa muatannya harus dipindahkan dengan crane agar kapal bisa mengapung kembali.

"Ini bisa memakan waktu berhari-hati, mungkin berminggu-minggu," sebut Braemar.

Selanjutnya
Halaman
1 2