Cegah Warga Berkerumun, Norwegia Larang Bar-Restoran Jual Alkohol

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 02:44 WIB
Ilustrasi bir
ilustrasi minuman beralkohol (Foto: Thinkstock)
Oslo -

Otoritas Norwegia menerapkan sejumlah kebijakan agar warganya tak berkerumun di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satunya dengan larangan penjualan alkohol.

Dilansir AFP, aturan ini berlaku mulai Kamis (25/3) hingga Senin (12/4). Peraturan ketat ini dibuat sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Hal terpenting adalah pada Paskah (4 April), warga melakukan perjalanan sesedikit mungkin dan bertemu sesedikit mungkin orang untuk mencegah penyebaran virus," kata Menteri Kesehatan Norwegia Bent Hoie dalam konferensi pers seperti dilansir AFP, Rabu (24/3/2021).

Karena peraturan ini, sejumlah bar dan restoran di Oslo terpaksa tutup sementara. Namun, beberapa bar dan restoran lainnya tetap buka meski tak menjual alkohol.

Pemerintah Norwegia membatasi jumlah tamu yang diperbolehkan berkunjung ke setiap rumah, yakni hanya 2 orang saja. Selain itu, setiap orang juga diharuskan jaga jarak minimal 2 meter.

Gymnasium serta kolam renang tetap akan ditutup. Otoritas Norwegia memberlakukan isolasi mandiri di sebuah hotel khusus selama 10 hari bagi warganya sehabis berpergian dari luar negeri. Warga baru bisa meninggalkan hotel setelah tiga hari usai dinyatakan negatif Covid-19.

Diketahui, Norwegia menjadi salah satu negara di Eropa dengan tingkat infeksi virus Corona terendah. Meski begitu Norwegia mengalami lonjakan kasus varian baru Corona dari Inggris.

(isa/isa)