Roket Rusia Meluncur ke Luar Angkasa, Bawa 38 Satelit dari 18 Negara

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 15:12 WIB
The Soyuz MS-10 spacecraft carrying the crew of astronaut Nick Hague of the U.S. and cosmonaut Alexey Ovchinin of Russia blasts off to the International Space Station (ISS) from the launchpad at the Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan October 11, 2018. REUTERS/Shamil Zhumatov
Ilustrasi (dok. REUTERS/Shamil Zhumatov)
Moskow -

Sebuah roket Soyuz buatan Rusia diluncurkan dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. Roket Rusia ini membawa 38 satelit asing ke orbit di luar angkasa.

Seperti dilansir AFP, Senin (22/3/2021), badan antariksa Rusia, Roscosmos, mengumumkan bahwa roket Soyuz yang membawa 38 satelit dari 18 negara itu meluncur ke luar angkasa pada Senin (22/3) waktu setempat, sekitar pukul 06.07 GMT. Roscosmos juga merilis video peluncuran itu.

"Roket Soyuz 2.1a dengan bagian teratas Fregat dan 38 kendaraan luar angkasa dari 18 negara lepas landas dari kosmodrom Baikonur," demikian pernyataan Roscosmos via Twitter.

Roket itu akan membawa 38 satelit ke orbit. Satelit-satelit itu diketahui berasal dari belasan negara, seperti Korea Selatan (Korsel), Jepang, Kanada, Arab Saudi, Jerman, Italia dan Brasil.

Salah satu satelit yang dibawa roket Rusia itu adalah Challenge-1, yang merupakan satelit pertama buatan Tunisia yang dibuat oleh kelompok telekomunikasi Telnet.

Peluncuran roket Soyuz ini akhirnya dilakukan setelah mengalami dua kali penundaan sejak Sabtu (20/3) lalu, akibat adanya lonjakan voltase yang terdeteksi.

Sejak jatuhnya Uni Soviet, sektor luar angkasa Rusia tertinggal dari pesaing internasionalnya, yang diselimuti oleh skandal korupsi dan stagnasi teknologi.

Tahun 2018, sebuah roket Soyuz membawa seorang kosmonaut Rusia dan seorang astronaut NASA mengalami kegagalan di tengah peluncuran. Situasi itu memaksa awak untuk melakukan pendaratan darurat dan beruntung, keduanya selamat tanpa cedera.

Lihat juga Video: NASA Selesaikan Uji Coba Mesin Roket yang Bakal Bawa Manusia ke Bulan

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)