Gempa M 7,2 Guncang Jepang, Ada Peringatan Tsunami

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 16:47 WIB
Jakarta -

Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang wilayah lepas pantai timur laut Jepang. Badan meteorologi Jepang, Japan's Meteorological Agency (JMA) pun mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa bumi tersebut terjadi pada Sabtu (20/3) pukul 18:09 di perairan Pasifik di wilayah Miyagi, dengan kedalaman 60 kilometer (37 mil).

Demikian disampaikan JMA seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2021). JMA mengeluarkan peringatan untuk gelombang tsunami sekitar satu meter.

Penyiar publik Jepang NHK, seperti dikutip Reuters, juga memperingatkan penduduk bahwa tsunami setinggi satu meter diperkirakan terjadi di Prefektur Miyagi.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dari Miyagi akibat gempa ini. Media lokal melaporkan bahwa petugas lokal sedang memeriksa status pembangkit nuklir di kawasan itu.

Bulan lalu, wilayah itu juga diguncang gempa kuat yang melukai puluhan orang.

Jepang terletak di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini sering dilanda gempa dan memiliki peraturan konstruksi yang ketat, yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran yang kuat.

(ita/ita)