Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 11:07 WIB
Jakarta -

Seorang warga Palestina ditembak mati oleh tentara Israel ketika bentrokan meletus selama demonstrasi di wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel.

"Seorang warga yang ditembak di kepala dengan peluru tajam, tewas," kata Kementerian Kesehatan Palestina seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2021), seraya menambahkan insiden itu terjadi di desa Beit Dajan, dekat Nablus pada hari Jumat (19/3) waktu setempat.

Militer Israel mengakui "kerusuhan dengan kekerasan" terjadi di lokasi tersebut, "di mana puluhan warga Palestina melemparkan batu ke arah pasukan IDF (militer Israel)."

"Pasukan IDF merespons dengan cara pembubaran kerusuhan dan dengan menembak ke udara," kata sebuah pernyataan dari militer Israel.

"Kami mengetahui laporan mengenai korban Palestina. Penyebab cedera masih belum diketahui," kata militer Israel. "Insiden itu sedang diperiksa," imbuhnya.

Wali Kota Beit Dajan, Abdelrahman Hanani mengatakan, pria Palestina bernama Atef Yussef Hanaysheh (42) tewas dalam bentrokan antara tentara Israel dan warga Palestina yang menentang aktivitas pemukiman Israel.

Warga Palestina berkumpul pada hari Jumat (19/3) di Tepi Barat untuk memprotes perluasan pemukiman Israel, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Diketahui bahwa sekitar 475.000 orang pemukim Israel tinggal di Tepi Barat, sebuah wilayah dengan lebih dari 2,8 juta penduduk Palestina.

(ita/ita)