Gedung Putih: Biden Tak Menyesal Sebut Putin Pembunuh

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 12:02 WIB
Percakapan telepon pertama Biden dan Putin, apa saja yang dibicarakan?
Vladimir Putin dan Joe Biden (dok. BBC World)

Putin juga menuduh AS melakukan genosida terhadap penduduk asli Amerika dan membinasakan warga sipil dalam Perang Dunia II, dengan menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Tidak hanya itu, Putin juga menantang Biden untuk bicara terang-terangan dengannya. Lebih lanjut, Putin mengajak Biden melakukan pembicaraan melalui tautan video dan disiarkan langsung pada Jumat (19/3) atau Senin (22/3) mendatang.

"Saya menawarkan kepada Presiden Biden bahwa kita melanjutkan diskusi kita, tapi dengan syarat kita melakukannya secara langsung, online, tanpa penundaan," cetus Putin seperti dilansir Reuters.

Kedua pemimpin berbicara terakhir kali via telepon pada 26 Januari lalu, beberapa hari setelah Biden menjabat. Putin menyebut pembicaraan terbaru sebagai 'diskusi terbuka secara langsung' akan menjadi 'menarik' bagi masing-masing warga Rusia dan AS.

Psaki dalam tanggapannya menepis pertanyaan wartawan soal permintaan Putin untuk berdialog di depan publik dengan Biden.

"Saya akan mengatakan presiden sudah melakukan pembicaraan dengan Presiden Putin, meskipun ada banyak pemimpin yang belum dia hubungi," jawabnya.

"Presiden tentu saja akan berada di Georgia besok dan cukup sibuk," imbuh Psaki.


(nvc/ita)