NASA Berhasil Uji Coba Roket Raksasa untuk Misi ke Bulan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 10:29 WIB
Satellite orbiting near moon.
Ilustrasi (dok. iStock)
Washington DC -

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA sukses melakukan uji statis penting untuk roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa (SLS) yang sempat bermasalah. Kesuksesan uji coba ini menjadi kemenangan bagi NASA yang tengah bersiap untuk kembali meluncurkan misi ke Bulan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (19/3/2021), dalam uji coba kedua ini, empat mesin RS-25 yang terpasang pada roket ini menyala secara bersamaan untuk durasi penuh selama 8 menit pada Kamis (18/3) sekitar pukul 16.40 Eastern time. Mesin-mesin roket itu disebut menghasilkan daya dorong maksimum 1,6 pon (7,1 juta newton).

"Tepuk tangan menunjukkan banyak hal soal bagaimana perasaan tim," ucap pejabat NASA yang bertanggung jawab atas uji coba ini, Bill Wrobel, saat livestream usai orang-orang di control room bertepuk tangan. "Terlihat bagus sekarang," imbuhnya.

"Ini adalah tonggak penting untuk memajukan sasaran tujuan kita untuk Artemis," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Administrator NASA, Steve Jurczyk, merujuk pada nama program Bulan.

NASA berencana mengirimkan wanita pertama ke Bulan tahun 2024 mendatang dan membangun stasiun orbit Bulan, sebelum akhirnya mengirimkan misi berawak ke Mars.

Keberhasilan uji coba ini melegakan bagi NASA, setelah uji coba sebelumnya yang melibatkan bagian inti setinggi 65 meter di Mississippi dihentikan pada Januari lalu.

Uji coba pada Kamis (18/3) waktu setempat diperlukan untuk mengumpulkan data soal bagaimana bagian inti bereaksi selama operasi kritis seperti mesin throttling ke atas dan ke bawah, dan menggerakkannya dalam berbagai variasi.

Simak video 'Helikopter NASA Bersiap Terbang Perdana di Mars':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2