Sempat Disetop Gegara Corona, Korsel-AS Bakal Gelar Latihan Militer Lagi

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 12:50 WIB
Korea Selatan dan AS akan latihan militer bersama minggu ini
Korea Selatan dan AS akan latihan militer bersama minggu ini (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)
Seoul -

Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) akan kembali menggelar latihan militer musim semi mereka minggu ini. Namun latihan bersama ini dilakukan dengan skala yang lebih kecil akibat kondisi pandemi COVID-19 yang belum mereda.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (7/3/2021) menurut pernyataan yang disampaikan Kepala Joint Chiefs of Staff (JCS) Korea Selatan, para sekutu akan memulai 'latihan pos komando simulasi komputer' selama sembilan hari mulai Senin (8/3) mendatang.

"Korea Selatan dan Amerika Serikat memutuskan untuk melanjutkan latihan setelah secara komprehensif mempertimbangkan situasi COVID-19, pemeliharaan postur kesiapan tempur, denuklirisasi Semenanjung Korea dan pembentukan perdamaian," kata JCS, mencatat bahwa latihan ini bersifat 'defensif'.

Dilaporkan kantor berita Yonhap, latihan tersebut tidak termasuk manuver di luar ruangan, yang telah dilakukan sepanjang tahun, dan jumlah pasukan serta peralatan akan dikurangi akibat pandemi.

Latihan juga memberikan kesempatan untuk menilai kesiapan Korea Selatan untuk mengambil alih kendali operasional masa perang (OPCON).

Sebelum pandemi, latihan militer telah dikurangi untuk memfasilitasi negosiasi AS yang bertujuan membongkar program nuklir Korea Utara. Latihan gabungan tersebut diawasi secara ketat oleh Korea Utara yang menyebutnya sebagai 'latihan perang'.

"Sementara Pyongyang terkadang menanggapi latihan semacam itu dengan unjuk kekuatan militernya sendiri, kemungkinan mereka tidak melakukannya kali ini," kata Chad O'Carroll, CEO dari Korea Risk Group, yang memantau Korea Utara.

Tindakan drastis Korea Utara untuk mencegah wabah COVID-19 telah memperburuk pelanggaran hak asasi manusia dan kesulitan ekonomi, termasuk laporan kelaparan, bagi warganya, yang sudah dilanda sanksi internasional.

Lihat juga Video: Taiwan Latihan Militer Antisipasi Serangan China

[Gambas:Video 20detik]



(izt/haf)