Dukung Proyek Infrastruktur Hijau RI, Jerman Siap Kucurkan Dana Rp 41 T

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 15:45 WIB
Kerja Sama “Inisiatif Indonesia – Jerman untuk Infrastruktur Hijau“.
peluncuran kerjasama RI-Jerman secara virtual (Foto: KBRI Berlin)
Jakarta -

Jerman sepakat untuk mendukung proyek infrastruktur hijau di Indonesia. Kerja Sama yang disebut 'Inisiatif Indonesia - Jerman untuk Infrastruktur Hijau' ini akan diarahkan pada proyek transformasi dan inovasi wilayah perkotaan yang bertujuan untuk mengurangi tingkat emisi karbon di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, Jerman akan memberikan dukungan pendanaan sebesar 2,5 milyar Euro ( Rp 41,25 triliun). Pendanaan akan diberikan secara bertahap selama lima tahun melalui kemitraan dengan bank KfW, yang merupakan Bank Nasional Jerman untuk pendanaan pembangunan, serta dengan pihak GIZ.

Selain dukungan pendanaan, Program Inisiatif Infrastruktur Hijau ini juga diwujudkan melalui kerja sama alih teknologi, kampanye penyadaran publik, serta dialog pada tataran kebijakan antara kedua pemerintah.

Secara resmi kerja sama tersebut diluncurkan secara virtual pada 4 Maret 2021, dengan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Federal Urusan Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman (BMZ), Gerd Muller.

Selain itu, acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Ketua Bappenas, Suharso Monoarfa, Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, Dubes Jerman untuk Indonesia, Peter Schoof, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Provinsi Bali, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur dan sejumlah pejabat lainnya dari Kementerian Indonesia dan Jerman.

Melalui sambutannya, Menko Luhut menyebutkan bahwa sebagai sesama anggota G-20, Indonesia dan Jerman telah mengimplementasikan bentuk tanggung jawab bersama terhadap isu global yang penting, yakni terkait perubahan iklim

"Dalam kapasitas sebagai Menko Maritim dan Investasi, saya ingin meyakinkan semua pihak yang hadir saat ini, inisiatif ini akan mencapai sasarannya. Keinginan kita untuk melakukan perbaikan lingkungan, pengurangan emisi karbon, dan penyediaan fasilitas layanan yang lebih baik bagi masyarakat sudah tampak titik terangnya," kata Luhut seperti disampaikan melalui rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, Jerman, Jumat (5/3/2021).

"Dalam waktu ke depan kita akan bisa saksikan bersama sungai-sungai yang lebih bersih, sampah laut berkurang, akses air bersih yang lebih luas bagi masyarakat, serta sarana transportasi publik yang lebih efektif dan lebih baik", tegasnya.

Simak juga video 'Jerman Lockdown Hingga 7 Maret':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2