Setelah 10 Tahun, Jasad Wanita Hilang Saat Tsunami Jepang Ditemukan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 12:16 WIB
peringatan tsunami Jepang
Peringatan Tsunami Jepang (Foto: AFP/STR)
Tokyo -

Jasad seorang wanita yang hilang saat Tsunami Jepang akhirnya berhasil diidentifikasi. Hal itu diungkapkan pihak kepolisian setempat pada Jumat (5/3), beberapa hari sebelum peringatan satu dekade bencana alam dahsyat tersebut.

"Sisa-sisa kerangka termasuk tengkorak ditemukan pada 17 Februari lalu di pantai di wilayah timur laut Miyagi," kata seorang juru bicara Kepolisian setempat, seperti dilansir AFP, Jumat (5/3/2021).

Pada minggu ini, analisis gigi dan DNA forensik mengungkapkan bahwa wanita itu diidentifikasi sebagai Natsuko Okuyama, wanita berusia 61 tahun yang hilang saat gelombang besar Tsunami menghantam Jepang pada 11 Maret 2011 lalu.

Menurut Badan Kepolisian nasional Jepang, korban tewas yang dikonfirmasi dalam gempa bumi, tsunami dan krisis nuklir pada tahun 2011 mencapai 15.899 pada Desember tahun 2020 lalu.

Sementara, setelah 10 tahun berlalu, disebutkan lebih dari 2.500 orang masih dinyatakan hilang.

Banyaknya korban yang masih hilang menyisakan duka bagi pihak keluarga. Mereka sedih lantaran tubuh orang-orang yang dicintainya tidak pernah ditemukan hingga kini.

Media lokal Jepang melaporkan, putra Okuyama mengungkapkan ucapan terima kasihnya setelah jenazah ibunya ditemukan.

"Saya sangat senang ibu saya ditemukan menjelang peringatan 10 tahun (tsunami)," kata dia seperti dikutip kantor berita Kyodo.

"Penemuan ini akan membantu saya untuk mengatur emosi saya dan bergerak maju," imbuhnya.

Lihat juga video 'Petugas Damkar Temukan Jasad Bocah Laki-laki di Kali Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)