PBB: 931 Juta Ton Makanan Dibuang ke Tempat Sampah Tahun 2019

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 11:28 WIB
Hebei Terapkan Kebijakan Baru Kurangi Limbah Makanan di China
Foto: Ilustrasi limbah makanan (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merilis penelitian terbaru terkait limbah makanan pada tahun 2019. Diperkirakan ada 931 juta ton makanan, atau 17% dari total makanan yang tersedia bagi konsumen pada tahun 2019, dibuang ke tempat sampah.

Dikutip dari situs resmi Program Lingkungan PBB (UNEP), Jumat (5/3/2021), limbah makanan itu termasuk dari rumah tangga, pengecer, restoran, dan layanan makanan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mendukung upaya global untuk mengurangi separuh limbah makanan pada tahun 2030.

Bobot limbah makanan itu kira-kira sama dengan 23 juta truk bermuatan penuh 40 ton atau cukup untuk mengelilingi bumi 7 kali.

Laporan Indeks Limbah Makanan 2021, dari UNEP bersama dengan organisasi mitra Waste & Resources Action Programme (WRAP), melihat limbah makanan yang ada di gerai ritel, restoran, dan rumah - menghitung makanan dan bagian yang tidak dapat dimakan.

Laporan ini menyajikan pengumpulan, analisis, dan pemodelan data limbah makanan paling komprehensif hingga saat ini, dan menawarkan metodologi bagi negara-negara untuk mengukur limbah makanan. 152 titik data limbah makanan diidentifikasi di 54 negara.

Laporan tersebut menemukan bahwa di hampir setiap negara yang telah mengukur limbah makanan, jumlahnya sangat besar, terlepas dari tingkat pendapatannya.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar limbah ini berasal dari rumah tangga, yang membuang 11% dari total makanan yang tersedia pada tahap konsumsi rantai pasokan. Layanan makanan dan gerai ritel masing-masing memboroskan 5% dan 2%. Pada tingkat per kapita global, 121 kilogram makanan tingkat konsumen terbuang setiap tahun, dengan 74 kilogram hal ini terjadi di rumah tangga. Laporan tersebut juga mencakup perkiraan per kapita regional dan nasional.

Simak juga 'Jatah Makan 3 Juta Pengungsi Afrika Dipotong, PBB Imbau Beri Bantuan':

[Gambas:Video 20detik]