Korsel Selidiki Kematian 2 Warganya Usai Disuntik Vaksin AstraZeneca

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:04 WIB
Korea Selatan mulai gelar vaksinasi COVID-19 massal hari ini. Dilansir dari AP, ribuan penduduk akan menerima suntikan pertama vaksin COVID-19 Astrazeneca.
Ilustrasi (dok. AP/Jung Yeon-je)
Seoul -

Otoritas Korea Selatan (Korsel) tengah menyelidiki kematian dua warganya beberapa hari setelah menerima suntikan vaksin virus Corona (COVID-19) buatan AstraZeneca. Laporan media setempat menyebut kedua orang itu sama-sama memiliki penyakit bawaan.

Seperti dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency dan dilansir Reuters, Rabu (3/3/2021), salah satu warga yang meninggal merupakan pasien panti jompo setempat, yang berusia 63 tahun dan mengalami gejala penyakit serebrovaskular lanjutan, termasuk demam tinggi, setelah disuntik vaksin AstraZeneca.

Warga yang tidak disebut identitasnya itu, kemudian dipindahkan ke rumah sakit yang lebih besar pada Selasa (2/3) waktu setempat, namun meninggal dunia setelah menunjukkan gejala keracunan darah dan pneumonia.

Satu warga lainnya yang meninggal diketahui berusia 50-an tahun dan menderita gangguan jantung serta diabetes. Orang ini meninggal dunia pada Rabu (3/3) waktu setempat, setelah mengalami beberapa kali serangan jantung. Sehari sebelumnya, dia menerima suntikan vaksin AstraZeneca.

Seorang pejabat Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) menuturkan kepada Reuters bahwa pihaknya tengah menyelidiki penyebab kematian dua orang tersebut. Namun KDCA tidak merinci atau mengonfirmasi laporan Yonhap tersebut.

Juru bicara pihak AstraZeneca di Seoul menyatakan belum bisa berkomentar untuk saat ini.

Korsel diketahui memulai program vaksinasi Corona sejak pekan lalu. Hingga Selasa (2/3) tengah malam, menurut data KDCA, sedikitnya 85.904 orang yang sudah menerima suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca dan 1.524 orang lainnya menerima suntikan vaksin Pfizer-BioNTech.

Dalam 24 jam terakhir, Korsel melaporkan 444 kasus Corona di wilayahnya. Total kasus Corona di negara ini mencapai 90.816 kasus, dengan 1.612 kematian.

Lihat Video: Korsel Keluarkan Izin Darurat Penggunaan Vaksin AstraZeneca

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/tor)