Belasan Roket Hantam Pangkalan Militer Irak yang Jadi Markas Tentara AS!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 14:51 WIB
FILE - In this Sunday, Dec. 29, 2019 file photo taken from a helicopter shows Ain al-Asad air base in the western Anbar desert, Iraq. Iran struck back at the United States for the killing of a top Iranian general early Wednesday, Jan. 8, 2020, firing a series of ballistic missiles at Iraqi bases, including Ain al-Asad air base, housing U.S. troops in a major escalation that brought the two longtime foes closer to war. (AP Photo/Nasser Nasser, File)
Ilustrasi -- Pangkalan udara Ain al-Asad di Irak (AP Photo/Nasser Nasser, File)
Baghdad -

Belasan roket menghantam sebuah pangkalan militer Irak yang menjadi markas tentara koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). Serangan roket ini menjadi yang kedua di Irak sepanjang bulan ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (3/3/2021), dua sumber keamanan setempat melaporkan sedikitnya ada 10 roket yang menghantam Pangkalan udara Ain al-Asad di Irak, yang menjadi markas tentara AS, pasukan koalisi dan tentara Irak pada Rabu (3/3) waktu setempat.

Namun pejabat Komando Operasi Baghdad menuturkan kepada Reuters bahwa ada sekitar 13 roket yang diluncurkan dari sebuah lokasi berjarak 8 kilometer dari pangkalan militer itu, yang berlokasi di Provinsi Anbar.

Juru bicara koalisi pimpinan AS, Kolonel Wayne Marotto, menyebut serangan roket itu mengenai bandara militer Ain al-Asad pada pukul 07.20 pagi waktu setempat.

Belum ada laporan korban jiwa akibat serangan roket tersebut. Sejauh ini belum ada kelompok maupun pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket tersebut.

Serangan roket di Irak tersebut menjadi serangan kedua sepanjang bulan ini dan terjadi hanya dua hari sebelum pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, melakukan kunjungan bersejarah ke Irak.

Pada pertengahan Februari lalu, serangan roket menghantam markas pasukan AS di Irak bagian utara, yang menewaskan seorang kontraktor sipil dan melukai beberapa orang lainnya, termasuk satu tentara AS.

(nvc/tor)