Kebakaran di Gedung Industri Singapura, 3 Orang Tewas-5 Kritis

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 18:32 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto: Thinkstock
Singapura -

Kebakaran yang terjadi pada Rabu (24/2) di sebuah gedung industri di Tuas, Singapura memakan korban jiwa. Komisaris Keselamatan dan Kesehatan Kerja (WSH) Silas Sng mengatakan tiga dari 10 pekerja yang mengalami luka bakar telah meninggal dunia.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis (24/2/2021) menurut Sng, lima korban kebakaran lainnya saat ini dalam kondisi kritis, sementara dua pekerja telah dipulangkan dari rumah sakit.

"Investigasi awal menemukan kecelakaan di 32E Tuas Avenue 11 disebabkan oleh 'ledakan debu yang mudah terbakar'," kata Mr Sng, yang juga direktur Divisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, debu tersebut berasal dari tepung pati kentang, bahan yang digunakan untuk produksi perusahaan, Stars Engrg. Debu dapat dihasilkan saat bubuk dipindahkan, seperti dari kantong ke mixer.

"Seiring waktu, debu dapat menumpuk di lingkungan, terutama jika ventilasi atau pembersihan tidak memadai... Dan ketika debu bersentuhan dengan sumber gesekan, ledakan akan terjadi seperti yang kita lihat dalam kecelakaan ini," jelasnya.

Dia mendesak perusahaan-perusahaan yang bekerja dengan bahan mudah terbakar serupa untuk meninjau langkah-langkah keamanan untuk memastikan bahwa debu tidak menumpuk di lingkungan tertutup.

Identitas para pekerja yang meninggal belum teridentifikasi akibat luka bakar yang dialami.

"Seperti yang kami pahami dari rumah sakit, (identitas mereka) masih dalam proses untuk dipastikan karena luka parah yang mereka alami," kata Sng.

Dia menambahkan bahwa Kongres Serikat Pekerja Nasional dan Pusat Pekerja Migran telah menghubungi pekerja migran lain yang terkena dampak. Perusahaan diminta "untuk memberikan bantuan apa pun yang diperlukan untuk membantu pekerja terdampak."

Saksikan juga 'Sandiaga Uno Dorong Singapura Buka Travel Bubble':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2