Putra Mahkota Arab Saudi Jalani Operasi Usus Buntu

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 10:27 WIB
Tiga perang Arab Saudi yang tidak akan dimenangkan oleh Mohammed bin Salman
Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (dok. BBC World)
Riyadh -

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS, dilaporkan telah selesai menjalani operasi usus buntu pada pekan ini. MBS disebut telah meninggalkan rumah sakit dalam kondisi sehat.

Seperti dilansir Arab News dan Reuters, Kamis (25/2/2021), laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) menyebut MBS yang berusia 35 tahun ini menjalani operasi bedah laparoskopi di Rumah Sakit Spesialis King Faisal di Riyadh pada Rabu (24/2) pagi waktu setempat.

SPA menyebut MBS telah meninggalkan rumah sakit usai operasinya berlangsung sukses. Rekaman televisi menunjukkan MBS berjalan menuju mobil yang menunggu dirinya di rumah sakit.

MBS yang merupakan pemimpin de-facto Saudi ini membangun reputasi sebagai seorang reformis, dengan mengenalkan rencana ambisius untuk melakukan diversifikasi ekonomi dan mengurangi ketergantungan Saudi pada minyak.

Dia juga memperjuangkan reformasi untuk memodernisasi Kerajaan Saudi dan mempromosikan bentuk Islam lebih moderat dengan melonggarkan pembatasan sosial, mengurangi peran polisi syariat, mengizinkan konser publik dan mengakhiri larangan mengemudi bagi wanita.

MBS yang merupakan ahli waris takhta Kerajaan Saudi ini juga menjabat Menteri Pertahanan dan mengawasi kebijakan strategi ekonomi dan minyak.

Beberapa tahun lalu, dia menggelar operasi yang diklaim untuk membersihkan bisnis dan elite politik dari korupsi, dengan menahan sejumlah pangeran, pejabat dan pengusaha di sebuah hotel mewah di Riyadh.

Lihat juga video 'Momen Putra Mahkota Arab Saudi Disuntik Vaksin Pfizer':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)