Australia Mulai Vaksinasi Corona, PM Morrison Jadi yang Pertama

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 13:25 WIB
FILE - In this Nov. 17, 2020, file photo, Australian Prime Minister Scott Morrison reviews an honor guard during a ceremony ahead of a meeting at Japanese Prime Minister Yoshihide Sugas official residence in Tokyo. Morrison said Monday, Nov. 30, 2020, a tweet by a Chinese official which shows a fake image of an Australian soldier appearing to slit a childs throat is “truly repugnant.
Scott Morrison (Kiyoshi Ota/Pool Photo via AP, File)
Sydney -

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, menerima suntikan dosis pertama vaksin virus Corona (COVID-19) pada Minggu (21/2) waktu setempat. Program vaksinasi Corona di Australia dimulai pada Senin (22/2) waktu setempat, dengan pekerja garis depan seperti tenaga medis dan staf panti jompo, menjadi prioritas.

Seperti dilansir Reuters, Senin (22/2/2021), sedikitnya 4 juta warga Australia diperkirakan sudah akan disuntik vaksin Corona pada Maret, dengan Morrison masuk dalam kelompok kecil yang paling pertama menerima suntikan vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech. Dia disuntik di sebuah pusat medis di Sydney.

Morrison menyebut dimulainya program vaksinasi di negaranya sebagai 'langkah besar' yang akan memungkinkan kembalinya situasi ke normal.

"Ini adalah awal dari perubahan besar," sebut Morrison kepada wartawan sesaat setelah disuntik vaksin Corona pada Minggu (21/2) waktu setempat. "Setiap hari yang berlalu dari saat ini akan menjadi lebih normal. Dan itulahnya yang menarik soal hari ini," imbuhnya.

Morrison mengatakan bahwa vaksin mengatasi 'ketakutan terbesarnya' sebagai PM Australia, yakni 'penyakit serius dan jenis kematian yang meluas yang kita lihat di luar negeri'.

Sejumlah kecil warga lanjut usia (lansia) di Pusat Medis Castle Hill di Sydney bagian barat, juga staf panti jompo dan perawat serta pekerja garis depan juga masuk dalam kelompok yang disuntik pertama vaksin Corona.

Mulai Senin (22/2) pagi waktu setempat, seperti dilansir AFP, sekitar 60 ribu dosis vaksin Corona akan disuntikkan selama sepekan, yang dimulai oleh para pekerja garis depan -- mulai dari tenaga layanan kesehatan hingga petugas karantina hotel dan polisi -- dan warga lansia penghuni panti jompo.

Simak video 'Nihil Kasus Baru, Melbourne Longgarkan Lockdown':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2