Sedih, Bocah Turki Meninggal Tanpa Sempat Melihat Ayahnya yang Dipenjara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 10:37 WIB
Ilustrasi Napi di Penjara
Foto: Ilustrasi penjara (Edi Wahyono)
Jakarta -

Seorang bocah Turki berusia lima tahun, Kubra Kuzan meninggal dunia akibat kanker tanpa bisa melihat wajah ayahnya untuk terakhir kalinya. Ayahnya adalah seorang birokat yang dipenjara karena diduga terlibat gerakan Gulen.

Dilansir Turkish Minute, Kamis (18/2/2021) Pusat Kebebasan Stockholm melaporkan bahwa Kubra Kuzan wafat pada hari Minggu (14/2) waktu setempat setelah pihak berwenang menolak permintaan bocah perempuan itu untuk menengok ayahnya di penjara.

Menurut media Turki, ayah Kubra, Ertugrul Kuzan, diberhentikan dari pekerjaannya di Council of Forensic Medicine setelah dugaan upaya kudeta 15 Juli 2016 di Turki. Dia ditangkap pada tahun yang sama karena "keanggotaan dalam organisasi" yang menjadi musuh pemerintahan Presiden Recep Tayyib Erdogan. Pria itu dijatuhi hukuman delapan tahun, satu bulan penjara.

Kuzan telah meminta penangguhan hukuman penjara berdasarkan undang-undang eksekusi hukuman, yang menetapkan bahwa hukuman narapidana yang kerabat terdekatnya sakit parah dapat ditunda selama satu tahun.

Kendati demikian pihak berwenang menolak permintaannya.

Kubra Kuzan sering menangis untuk ayahnya di bulan-bulan pertama penyakitnya, tetapi baru setelah dia kehilangan kesadarannya, ayahnya diizinkan untuk mengunjunginya sebentar pada 6 Januari lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2