Digugat Berkonspirasi Hasut Rusuh Capitol, Ini Respons Kubu Trump

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 08:59 WIB
President Donald Trump listens during an event on Operation Warp Speed in the Rose Garden of the White House, Friday, Nov. 13, 2020, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Donald Trump (dok. AP/Evan Vucci)
Washington DC -

Kubu mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memberikan komentar atas gugatan hukum yang diajukan seorang anggota Kongres AS terkait rusuh Gedung Capitol pada 6 Januari lalu. Ditegaskan kubu Trump bahwa sang mantan presiden sama sekali tidak merencanakan penyerbuan Gedung Capitol.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (17/2/2021), respons kubu Trump disampaikan oleh Jason Miller yang merupakan juru bicara sang mantan presiden. Miller dalam komentarnya menegaskan penolakan terhadap gugatan hukum tersebut.

"Presiden Trump tidak merencanakan, memproduksi atau mengorganisir rally 6 Januari di Ellipse (halaman selatan Gedung Putih)," ucap Miller, merujuk pada pidato yang disampaikan Trump di halaman Gedung Putih itu.

"Presiden Trump tidak menghasut atau berkonspirasi untuk menghasut tindak kekerasan apapun di Capitol pada 6 Januari," tegasnya.

Ditambahkan Miller, bahwa Giuliani yang juga menjadi tergugat dalam gugatan itu kini 'tidak mewakili Presiden Trump dalam persoalan hukum apapun'. Gugatan hukum itu menyebut Giuliani sebagai pengacara pribadi Trump.

Giuliani sendiri belum mengomentari gugatan hukum ini.

Gugatan hukum ini diajukan anggota Kongres AS dari Partai Demokrat, Bernie Thompson, ke pengadilan federal di Washington DC pada Selasa (16/2) waktu setempat.

Tonton video 'DPR AS Rilis Rekaman Rusuh di Capitol Saat Sidang Pemakzulan Trump':

[Gambas:Video 20detik]