Penyebab Meledaknya 100 Tangki BBM di Perbatasan Afghanistan-Iran Diselidiki

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 16:59 WIB
A security forces personnel walks amidst wreckage of gas tankers after a fire accident at Islam Qala on the outskirts of Herat, in the border between Afghanistan and Iran on February 14, 2021. (Photo by HOSHANG HASHIMI / AFP)
Ledakan tangki bbm di perbatasan Afghanistan Iran (Foto: AFP/HOSHANG HASHIMI)
Herat -

Sedikitnya 100 mobil tanki minyak dan gas telah terbakar di perbatasan Afghanistan dengan Iran. Penyebab ledakan kini masih diselidiki.

Seperti dilansir AFP, Minggu (14/2/2021) Kementerian Keuangan mengatakan api dimulai di sebuah tangki BBM sebelum menyebar dengan cepat. Ledakan menyebabkan kerugian finansial yang besar, termasuk bahan bakar, kapal tanker dan fasilitas bea cukai.

Sebuah delegasi telah dikirim dari ibu kota Kabul untuk menyelidiki kebakaran tersebut, tambah kementerian itu.

Ledakan terjadi pada Sabtu sore (13/2) di pelabuhan Islam Qala, 120 kilometer (75 mil) dari kota barat Herat.

"Kami diberitahu bahwa 100 atau 200 mobil tangki BBM telah hancur, tetapi jumlah ini mungkin akan bertambah. Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui tingkat kerusakannya," kata Juru Bicara Gubernur Provinsi Herat, Jailani Farhad, setelah mengunjungi lokasi kejadian.

Sekitar 20 orang yang terluka dalam kebakaran itu telah dibawa ke rumah sakit, tambahnya.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan api terlihat menjulang tinggi dan asap hitam tebal membumbung ke langit.

Kepala Kamar Dagang Herat,Younus Qazi Zada menyebut kerugian diperkirakan mencapai jutaan dolar. Sebagian besar listrik di provinsi Herat juga padam pada hari Minggu (14/2).

Simak video 'Tangki Bahan Bakar di Perbatasan Afghanistan-Iran Meledak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2