Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, Pertama Sejak Biden Dilantik

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 16:10 WIB
kapal perang AS
Ilustrasi (Foto: AFP)
Taipei -

Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan sebuah kapal perangnya berlayar melintasi Selat Taiwan pada hari Kamis (4/2) ini. Pelayaran ini adalah yang pertama sejak AS dipimpin oleh Presiden Joe Biden.

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/2/2021), kapal perusak berpeluru kendali Arleigh Burke melakukan transit rutin melalui jalur perairan yang memisahkan daratan China dan Taiwan. Demikian disampaikan Armada Ketujuh AS (Seventh Fleet) dalam sebuah pernyataan.

Kapal perang AS secara berkala melakukan latihan navigasi di selat tersebut, yang seringkali memicu kemarahan China yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Beijing menganggap setiap kapal yang melewati selat itu pada dasarnya sebagai pelanggaran kedaulatannya - sementara AS dan banyak negara lain memandang rute itu sebagai perairan internasional yang terbuka untuk siapa saja.

Pelayaran oleh kapal USS John S. McCain tersebut "menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka", kata pernyataan Armada Ketujuh (Seventh Fleet) Angkatan Laut AS.

"Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," imbuhnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengkonfirmasi pelayaran tersebut tanpa mengidentifikasi kapal tersebut.

Tonton video 'AS Desak China Hentikan Tekanan Militer-Ekonomi ke Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2