Populasi Rusia Berkurang Setengah Juta dalam Setahun, Gegara Corona?

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 11:12 WIB
Otoritas Rusia mencetak rekor baru dengan melaporkan lebih dari 12 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Moskow -

Populasi Rusia mengalami penyusutan lebih dari setengah juta jiwa dalam 12 bulan atau setahun terakhir. Penyusutan ini tercatat sebagai penurunan populasi paling tajam sejak pertengahan tahun 2000-an.

Seperti dilansir AFP, Jumat (29/1/2021), data resmi yang dirilis kantor statistik nasional, Rosstat, pada Kamis (28/1) waktu setempat menunjukkan bahwa populasi Rusia per 1 Januari 2021 mencapai 146,2 juta jiwa.

Angka itu menurun 510 ribu jiwa jika dibandingkan data setahun sebelumnya. Penurunan sebesar itu merupakan penurunan paling tajam dalam 15 tahun terakhir.

Rosstat tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal penyebab berkurangnya populasi Rusia itu.

Namun diketahui bahwa Rusia, sama seperti kebanyakan negara di dunia, tengah menderita angka kematian tinggi akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Sejauh ini, total 71.652 kematian akibat Corona tercatat di wilayah Rusia. Rusia hanya memasukkan kematian dengan hasil autopsi yang menyatakan infeksi Corona sebagai penyebab utamanya.

Namun pada akhir Desember 2020 lalu, pemerintah Rusia mengakui bahwa angka kematian akibat Corona di wilayahnya sebenarnya tiga kali lipat lebih banyak, dengan menggunakan definisi penyebab kematian yang lebih luas.

Sementara itu, populasi Rusia diketahui terus menurun secara stabil sejak runtuhnya Uni Soviet tahun 1991 silam.

Simak video 'Menanti Vaksin dari Rusia, Palestina Berjibaku Lawan Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2