Cegah Varian Baru Corona, Portugal Tutup Penerbangan Brasil Selama 2 Minggu

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 01:20 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
Ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta - Portugal mengumumkan bahwa semua penerbangan ke dan dari Brasil ditutup selama dua minggu. Hal ini dikerenakan lonjakan jumlah kasus virus Corona dan mencegah adanya penyebaran varian virus baru.

"Pemerintah telah memutuskan untuk menangguhkan penerbangan yang tiba, dari dan berangkat ke Brasil mulai 29 Januari, mengingat evolusi situasi epidemiologi global dan deteksi strain baru virus," kata pemerintah Portugis dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Kamis (28/1/2021).

"Hingga 14 Februari, semua penerbangan ke dan dari Brasil, baik komersial maupun swasta oleh semua maskapai penerbangan, akan ditangguhkan," kata pernyataan itu.

Hanya penduduk Portugis dan UE yang dapat melakukan perjalanan antara kedua negara dengan menunjukkan hasil tes PCR negatif yang dilakukan kurang dari 72 jam sebelum penerbangan, lanjutnya.

Portugal bergabung dengan negara lain, seperti Turki, Maroko, dan Peru dalam menangguhkan penerbangan ke dan dari Brasil.

Anggota UE tersebut melaporkan 293 kematian dalam 24 jam terakhir pada hari Rabu, rekor harian baru, sehingga total korban tewas sejauh ini menjadi lebih dari 11.000.

Jumlah orang di Portugal yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 juga meningkat menjadi 6.603 orang, 783 di antaranya ditempatkan dalam perawatan intensif.

Negara berpenduduk 10 juta itu melakukan penguncian nasional kedua pada 15 Januari. (eva/eva)