Selandia Baru Catat Kasus Corona Pertama dalam 2 Bulan Terakhir

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 12:08 WIB
Menyusul jumlah kasus COVID-19 yang terus menurun, Selandia Baru mencabut kebijakan wajib masker. Ada tapinya lho, penasaran?
Ilustrasi (dok. Getty Images/Hagen Hopkins)
Wellington -

Otoritas Selandia Baru mengonfirmasi satu kasus penularan lokal virus Corona (COVID-19) yang pertama dalam dua bulan terakhir di wilayahnya. Seorang wanita berusia 56 tahun yang baru kembali dari perjalanan di Eropa, dinyatakan positif Corona setelah menyelesaikan karantina selama dua minggu.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/1/2021), wanita yang tidak disebut namanya itu diketahui tiba di Selandia Baru pada 30 Desember 2020. Dia langsung menjalani karantina di hotel setempat yang menjadi fasilitas isolasi di Auckland.

Beberapa kasus Corona terdeteksi di hotel yang menjadi tempat karantina itu -- yang dikategorikan sebagai kasus impor karena penularannya terjadi di luar negeri, namun belum pernah terjadi penularan lokal atau kasus Corona yang penularannya terjadi di tengah masyarakat sejak 18 November lalu di Selandia Baru.

Hingga akhirnya kasus penularan lokal yang dialami wanita berusia 56 tahun ini terdeteksi. Wanita itu dinyatakan positif Corona setelah menyelesaikan karantina wajib dan telah meninggalkan hotel tempat karantina.

Menteri Urusan COVID-19, Chris Hipkins, menuturkan bahwa wanita itu menjalani tes Corona dua kali dan semuanya hasilnya negatif sebelum meninggalkan tempat karantina pada 13 Januari. Namun pada Minggu (24/1) waktu setempat, otoritas Selandia Baru mengumumkan bahwa wanita itu dinyatakan positif Corona.

Otoritas setempat menduga sumber penularan untuk kasus wanita itu kemungkinan seseorang yang juga baru kembali dari luar negeri dan dikarantina di hotel yang sama, lantai yang sama, meski berbeda kamar.

Hipkins menuturkan bahwa otoritas setempat sedang menyelidiki apakah virus Corona itu menyebar melalui ventilasi dan sistem pendingin udara di fasilitas isolasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2