Republik Ceko Latih Anjing Endus Aroma Pasien COVID-19

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 04:43 WIB
Bandara Helsinki, Finlandia memulai program pendeteksi virus Corona dengan menggunakan jasa anjing. Ya para anjing itu diklaim akan bisa mengendus bau Corona dari penumpang di bandara.
Foto: Helsinki Airport
Praha -

Otoritas Republik Ceko melatih anjing untuk mengendus aroma COVID-19. Pusat pelatihan anjing ini terletak di salah satu pedesaan di Ceko.

Dilansir dari AFP, anjing-anjing itu mengendus enam wadah yang berisi selembar kain dengan aroma tubuh pasien COVID-19, dan kain lainnya sebagai pembanding.

"Studi ini dirancang untuk memverifikasi kemampuan anjing untuk mendeteksi COVID-19 dan menghasilkan metode yang memungkinkan penggunaan anjing terlatih dalam memerangi pandemi," kata kepala proyek Gustav Hotovy kepada AFP, Senin (25/1/2021).

"Metodenya juga bisa mengatasi penyakit lain, bahkan lebih mematikan daripada COVID-19," kata Hotovy.

"Pada akhirnya, kami harus dapat mendeteksi sejumlah besar orang (terpapar COVID-19) dalam waktu yang sangat singkat dengan seekor anjing terlatih," katanya.

Kepada AFP, pelatih anjing yang juga bekerja di pemadam kebakaran Praha, Lenka Vlachova mengatakan studi di Amerika Serikat menyimpulkan, anjing dapat mendeteksi jaringan yang diserang oleh virus.

"Virus mengubah jaringan manusia, mempengaruhi aroma khas orang tersebut," tutur Vlachova.

Beragam cara dilakukan berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sejumlah anjing di Rusia pun dilatih untuk mendeteksi virus Corona.Beragam cara dilakukan berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sejumlah anjing di Rusia pun dilatih untuk mendeteksi virus Corona. Foto: AP Photo/Pavel Golovkin

Sampel yang digunakan diperoleh hanya dengan menggosokkan selembar kapas ke kulit pasien COVID-19. Sampel juga harus dipastikan bebas virus Corona untuk mencegah anjing tertular virus.

Dengan metode yang sama, otoritas Finlandia juga menggunakan anjing untuk pengujian di bandara Helsinki. Hasilnya, anjing mendeteksi virus COVID-19 dengan akurasi hampir 100 persen.

Kini pemerintah Ceko akan bekerja sama dengan pemerintah Finlandia, Prancis serta Rusia untuk mengembangkan proyek serupa

(isa/isa)